Proper Positioning Pasien Di Paralel Bar Yang Benar

Proper Positioning Pasien Di Paralel Bar Yang Benar

Melatih panggul dan pinggang di paralel bar


Sobat secangkir terapi, pasien yang berdiri di paralel bar kebanyakan mengalami kelemahan pada pingggul dan pinggang.

Hal tersebut akan mempengaruhi gerakannya sewaktu duduk dan berjalan, gerakan patah - patah akan menimbulkan postur tubuh menjadi jelek sehingga mendukung mereka kehilangan irama gerak tubuh yang indah.

Sementara itu postur tubuh yang jelek (bad postur ) ikut menyumbang kelemahan irama dan gerak tungkai karena hilangnya kontrol dari gerak pinggul dan pinggang.

Cara melatih dan mengontrol pinggul dan punggung memang perlu dilakukan untuk mendukung gerak irama yang benar dan nyaman sewaktu berdiri dan berjalan guna memperbaiki pola jalan mereka dengan melakukan proper postioning (memposisikan postur mereka di paralel bar dengan benar dan nyaman).

Proper Positioning Pasien di Paralel Bar

  1. Pada gambar a - f diatas pasien harus di kontrol pada area pinggul sewaktu berjalan di paralel bar dan tangan kita harus memegang dengan benar yaitu mengontrol gerakan berjalan di belakang pasien.
  2. Apabila pasien akan jatuh kedepan sewaktu berjalan maka pegangan kita harus menahan pinggul pasien ke arah belakang dari belakang punggung pasien (lihat gambar a).
  3. Jika pasien akan jatuh kebelakang sewaktu berjalan maka pegangan kita harus diganti ke arah semula atau depan dari belakang punggung pasien (lihat gambar b).
  4. Apabila pasien akan jatuh kesisi samping atau berat salah satu sisi tubuh maka pegangan kita harus diganti ke arah bawah dari belakang punggung pasien. (lihat gambar c).
  5. Pada gambar d - f diatas pasien harus mampu mengontrol sendiri anggota gerak tangan di paralel bar dan untuk pinggang tetap dijaga keseimbangan oleh asisten dengan proper positioning.

Proper positioning pada pasien memang perlu dilakukan dalam handle pasien sewaktu berdiri dan  berjalan di paralel bar, latihan support ini sangat membantu pasien mengontrol pinggang dan pinggulnya dalam mendukung irama tubuh yang indah dan meminimalisir bad postur.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.