Memperbaiki Bad Posture di Paralel Bars





Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami bad posture (postur jelek) biasanya terjadi kelainan bentuk punggung, pinggang, paha, bahu dan leher sehingga berpotensi mengalami scoliosis, kifosis,  lordosis dan hiperlordosis.

Kelainan tersebut bisa kita lihat saat pasien sedang berdiri di paralel bars, pada pasien yang sudah siap untuk dilatih bejalan kelihatan pinggangnya terjadi weakness (kelemahan) sehingga gaya berdiri dan berjalannya menjadi lain.

Review pada gambar c diatas menunjukkan pasien terjadi kelemahan pada otot-otot paha dan pinggang sementara pada posisi berdiri pasien kelihatan condong kedepan sehingga jika dibiarkan saja tanpa diperbaiki posturnya berefek pada pola jalannya.


Tips Memperbaiki Bad Posture di Paralel Bars

  1. Pasien harus berdiri di paralel bars dengan santai dan nyaman.
  2. Pasien diminta untuk menggenggam di paralel bars, jika kelihatan pinggang atau punggung.terjadi kelainan maka akan nampak saat pasien mempertahankan keseimbangan badan.
  3. Pasien diminta untuk melepas genggaman di paralel bars dan dilanjutkkan meluruskan kedua tangannya kedepan, kelainan akan lebih nampak jelas seperti gambar c,d dan momen inilah kita review posturnya.
  4. Jika posisi pasien lordosis dan hiperlordosis (terlalu membungkuk ke belakang) maka kita perbaiki postur tubuhnya dengan ekstensikan dan lakukan metode CPM (contract relax passive movement) pada punggung belakang. 
  5. Jika posisi pasien kifosis (membungkuk kedepan) maka kita perbaiki postur tubuhnya dengan fleksikan otot punggung dan lakukan metode CPM (contrac rilex pasive movenment).
  6. Jika posisi pasien scoliosis (membengkok kesamping) maka kita perbaiki postur tubuhnya dengan metode wiliam flexi exercise dan ditambah latihan dengan metode CPM (contrac rilex pasive movenment).
  7. Untuk lebih jelasnya hubungi ahli fisioterapi dalam memperbaiki postur Anda.


Kelainan Postur Akibat Duduk Yang Salah


Contoh Kelainan Postur Akibat Duduk Yang Salah

Catatan Postur

Kebanyakan pasien yang pulang dari rumah sakit atau perawatan medik jarang yang diberdayakan kesehatan akan postur yang baik dan sehat, hal demikian karena minimnya pengetahuan keluarga pasien akan postur yang bagus dalam menunjang pola berdiri dan berjalan pasien.

Mereka yang mempunyai kelainan postur diatas adalah para pelajar, mahasiswa, kawula muda, orang tua yang karena sadar atau tidak sadar mempunyai kelainan postur seperti orang sakit (pasien) dengan keluhan lordosis, hiperlordosis, kifosis dan skoliosis.

Bukan pasien yang sakit saja yang perlu diperbaiki postur tubuhnya, namun orang sehat karena pola duduk yang salah dan berulang dalam tempo yang lama seperti melihat televisi, membaca, mengetik komputer, mengendarai mobil, mengangkat barang yang salah dll juga perlu diperbaiki posturnya.

Keluhan diatas bisa diperbaiki lho sobat, dengan cara pemrograman fisioterapi untuk latihan bad postur. Hubungi ahli fisioterapi terdekat untuk pemrograman latihan Anda.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel