Latihan Tangan Untuk Penderita Kursi Roda

Latihan Tangan Untuk Penderita Kursi Roda

Latihan ekstremitas atas pada penderita yang duduk di kursi roda



Latihan Penderita Kursi Roda


Latihan Pada Tangan

Sobat secangkir terapi, pasien yang mengalami kelumpuhan kaki dan duduk di kursi roda perlu diberdayakan kesehatan pada ekstremitas atas lewat latihan katrol.

Latihan pada ekstremitas atas bermanfaat bagi pasien dalam melakukan aktifitas daily living (ADL) seperti:
  • meraih benda
  • menyuapi makanan atau nasi
  • mengangkat benda seperti piring, sendok, dll
  • memegang benda
  • menjahit
  • menyulam
  • dll

Ekstremitas atas jarang dilakukan latihan saat pasien kembali dari rumah sakit atau tempat perawatan medis menyebabkan pasien sering mengalami weakness pada saat meraih, memegang sendok, menjahit, menyulam, dll

Cara Melatih Pasien Dengan Tangan di Kursi Roda

  1. Pasien harus dibuatkan katrol atau pegas seperti gambar diatas, 
  2. Pasien perlu di test dengan cara kedua tangan diluruskan kedepan jika pasien kesulitan maka alat bantu katrol bagus untuk melatih ekstremitasnya
  3. Pemilihan katrol ada 2 cara yaitu 2 katrol untuk flexi - ekstensi dan 2 katrol untuk abduksi - adduksi.
  4. Katrol flexi - ekstensi untuk melatih ekstensi dan flexi tangan dan bahu dengan gerakan ke atas dan ke bawah, dengan tarikan tali katrol atau pegas di depan pasien yaitu gerakan naik-turun tangan.
  5. Katrol abduksi - adduksi untuk melatih samping tangannya dan bahu ke samping dan turun, dengan tarikan tali katrol agak jauh dari badan yaitu gerakan menjauhi badan dan tangan kemudian mendekati badan pasien.
  6. Usahakan katrol dapat diraih pasien yang mengalami kelumpuhan di tangan dan tidak terlalu membebani bahunya dalam meraih tarikan naik - turun atau tarikan samping - turun.

Lakukan latihan diatas dengan kursi roda dan pasien dilatih sehari 2x pagi dan sore untuk memudahkan pasien dalam menggerakkan dan melatih anggota gerak tangan yang mengalami kelemahan.

Demikian latihan katrol untuk dibuat dan dilatih pada ekstremitas tangan penderita sehingga pasien dapat aktif bergerak dan dapat diberdayakan kesehatannya, mohon share jika ini bermanfaat untuk kemanusiaan.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel