Mengenal Kinesiotaping

Mengenal Kinesiotaping

kinesiotaping pada atlet olahraga dan cedera otot dan sendi



Apa Itu Kinesiotaping

Sobat secangkir terapi, sudahkah Anda mengenal Kinesiotaping ?

Kinesiotaping adalah alat perekat pada kulit yang berfungsi menjaga stabilitas dan fleksibilitas otot dan jaringan di sekitar persendian tubuh.

Dewasa ini masyarakat di Indonesia sudah banyak mengetahui dan mengenal fungsi dan tujuan dari pemakaian plester ajaib alias kinesiotaping. Tidak hanya dari kalangan atlet atau olahragawan profesional, bahkan dari anak muda sampai yang dewasa sudah banyak yang tahu untuk bentuk dan kegunaanya. 

Tapi sayangnya banyak juga yang belum tahu benar bagaimana cara pemasangan yang benar dan kualitas kinesiotaping yang dipasang. 

Awal sejarah singkat Kinesiotaping

Sedikit bercerita tentang sejarah bagaimana kinesiotaping ini ditemukan. Awal mulanya Dr Kenzo Kaze dari Jepang melakukan penelitian tentang kinesiotaping Tahun 1973. Ditemukan dan dikembangkan oleh beliau berdasarkan proses penyembuhan alami dan kinesiologi.

 Awalnya digunakan untuk atlet volley Jepang saat Olimpiade oleh Ciropraktor, Akupunturis dan Ortopedik. Begitulah sejarah singkat dari kinesiotaping dan sekarang banyak digunakan di belahan dunia manapaun termasuk di Indonesia. 

Cara mendapatkan KInesiotaping berkualitas

Saat ini kinesiotaping mudah didapatkan atau dibeli. Kalau dulu sulit sekali rasanya cari barang ini misalnya di apotik-apotik. Namun saat ini orang-orang bisa mendapatkannya, misalkan di apotek-apotek, toko-toko kesehatan maupun beli online. 

Akan tetapi kalau kita tidak bisa memilih mana kinesiotaping yang berkualitas, akan berdampak bagi kita sendiri. 

Contohnya : perlekatan kinesiotaping yang kurang baik sehingga mudah lepas, menyebabkan alergi pada kulit : gatal-gatal, merah dll. 

Maka dari itu kita jangan mudah tergiur merk kinesiotaping dengan harga murah. Percuma saja kalau murah tetapi tidak berkualitas dan bermanfaat. 

Malah efek samping yang kita dapatkan nanti. Selain dari kinesiotaping yang berkualitas, teori dan teknik pemasangan yang benar juga berpengaruh pada efek yang ditimbulkan. Contohnya ketahanan perlekatan kinesiotaping.

Jadi pilihlah kinesiotaping bukan dari harga yang murah, tetapi dari kualitasnya. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Salam sehat.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.