Manuver Olahraga Kursi Roda (wheel chair) Agar Pasien Aktif Bergerak

Manuver Olahraga Kursi Roda (wheel chair) Agar Pasien Aktif Bergerak

latihan manuver kursi roda cocok untuk pasien yang pasif bergerak


Olahraga Penderita Lumpuh Dengan Kursi Roda

Sobat secangkir terapi, latihan dengan kursi roda memang perlu diajarkan kepada pasien dalam melatih mobilisasi jalan, agar pasien atau penderita terbantu dalam mengontrol dan mengendalikan gerakan tubuh sewaktu duduk di kursi roda (wheel chair).

Seperti gambar a dan b diatas, pasien cenderung pasif di kursi roda dengan posisi bad postur (membungkuk) hal demikian mengakibatkan pasien cenderung mengalami kelemahan di punggung, leher, pinggul dan ekstremitas di bawah.

Pasien harus mau aktif bergerak dan berolahraga di kursi roda, bisa dilihat seperti gambar c dan d sehingga pasien lebih diberdayakan dalam kesehatan dan kualitas hidupnya,

Cara duduk yang benar di kursi roda yaitu posisi badan pasien harus tegap (steady) dan pandangan mata menghadap kedepan.

Penyebab posture jelek (bad posture) di kursi roda

Salah satu penyebab bad postur (postur jelek) pada penderita dengan kursi roda yaitu:
  1. Pasien tidak mau bergerak atau hanya duduk pasif ditempat.
  2. Ketidaktahuan keluarga ataupun pengasuh pasien.
  3. Rasa malas bergerak karena sakit yang diderita.
  4. Pasien mempertahankan posisi yang salah dan nyaman dengan cara duduk yang salah.

Hal diatas bila dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan mengakibatkan penurunan fungsi dari sistem musculoskeletal tubuh.

Salah satu indikasi penurunan fungsi muskuloskeletal

  • Pengerasan sendi, 
  • Kekakuan otot tubuh
  • Bad posture dan 
  • Gangguan blader bowel (gangguan kemih atau kencing).

Maka disini kami akan membagi tips latihan di kursi roda agar pasien aktif bergerak dan lebih diberdayakan kesehatannya.

Latihan manuver olahraga kursi roda (wheel chair) agar pasien aktif bergerak

Latihan 1.

Pasien harus bisa mengointrol kursi roda dan memobilisasi jalan maju dan mundur dengan cara seperti gambar c, posisi badan steady (tegap) dan pandangan kedepan usahakan agar otot-otot di area leher tidak mengalami penurunan fungsi / kelemahan.

Latihan 2.

Pasien harus bisa mengontrol kursi roda berputar seperti gambar d, sehingga kursi roda dapat berputar kekanan dan kekiri, 

Jika pasien mau bergerak ke kanan dengan kursi roda maka wheel trim  harus di rim/brake dengan cara di pegang dan ditahan dengan kuat agar tidak bergerak pada roda sebelah kanan dan tangan kiri pasien mulai memutar wheel trim perlahan-lahan sampai posisi berubah belok kearah kanan dengan sempurna.

Latihan 3

Pasien harus bisa mengontrol kursi roda ke depan melewati tanjakan kecil jalan dengan cara seperti gambar e dan f latihan ini adalah jenis latihan manuver kursi roda.

Manuver ini berfungsi untuk melatih pasien dalam menghadapi jalan tanjakan dan berlubang agar secara mandiri terbiasa menghadapi keadaan lingkungan yang tidak friendly atau tidak rata.

Tahan wheel trim di sisi kanan dan kiri kursi roda dan pasien mengangkat roda ke arah depan dengan perlahan sampai melewati tanjakan kecil tersebut, kemudian latihan dilanjutkan dengan manuver maju dan mundur seperti gambar e dan f.

Semoga latihan ini membantu sobat secangkir terapi dalam memberdayakan pasien dengan kursi roda di rumah dan menghindarkan pasien dari kelemahan musculoskeletal sehingga pasien tidak pasif dan malas bergerak.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.