Latihan Manuver Kursi Roda (Wheel Chair) Untuk Pasien

 latihan kursi roda dengan manuver di kursi roda yang benar


Sobat secangkir terapi, manuver kursi roda (wheel chair) berguna dalam membantu pasien yang mengalami kelemahan dan kelumpuhan anggota gerak kaki atau tungkai.

Pasien yang memakai kursi roda terkadang gerakan dalam mobilisasi kursi roda hanya bisa digunakan kearah depan ataupun kebelakang.

Jika pasien dapat mengembangkan latihan sendiri dengan manuver seperti gambar diatas, maka pasien akan mengembangkan sendiri gerakan yang lebih aman dan terkontrol sehingga pasien dapat melatih sendiri di rumah.

Latihan manuver ini bertujuan agar pasien terbantu dalam melatih anggota geraknya pada ekstremitas punggung dan tangan sehingga menguatkan otot ekstensor punggung dan flexor jari tangan sehingga menjaga dari kelemahan.

Manuver untuk latihan diatas cocok buat pasien yang mengalami back pain dan lower pain pada punggung, namun harus dibantu oleh asisten dalam melakukan manuver diatas.

Cara latihan manuver yang aman untuk pasien dengan kursi roda (wheel chair)


Latihan 1

Pasien harus bisa menggerakkan kursi roda kearah belakang dengan kontrol pada plat melengkung kedua sisi ban atau wheel rim  sehingga pasien dapat memobilisasi kearah belakang.

Latihan 2

Pasien harus bisa mengangkat ban depan kursi roda dengan bantuan brake lever atau tuas pengungkit yang terkunci dengan ban dan pasien mengangkat wheel rim kearah depan.

Latihan ini berguna untuk menguatkan otot - otot punggung dan upper ekstremitas.

Latihan 3

Latihan ini harus dibantu oleh asisten di belakang kursi roda dan pasien belum mampu mengangkat ban depan kursi roda (wheel chair) sehingga pasien terbantu dalam mengangkat ban depan.

Asisten harus membantu mengarahkan pasien dengan benar agar pasien mampu dalam mengangkat kursi roda secara bertahap.

Jenis latihan manuver di atas bertujuan dalam membantu pasien yang mengalami kelemahan dan kelumpuhan pada ekstremitas bawah sehingga jika pasien terdapat jalan yang berlubang atau gelombang pasien dapat mandiri menghindarinya.

Semoga pasien mampu menggerakkan kursi roda di jalan yang rata dan jalan bergelombang (berlubang) dengan mandiri.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel