Kolesterol Adalah Hantu Yang Menakutkan

Kolesterol Adalah Hantu Yang Menakutkan

hantu kolesterol

Source Pic.: Linkedin

Sobat secangkir terapi, tanpa terasa setiap hari kita menabung kolesterol dalam jumlah yang tidak sedikit. Diantara mereka didapatkan dari makanan yang berlemak, namun hal tersebut belum tentu diperoleh dari makanan lho sob.

Banyak orang beranggapan bahwa lemak penyebab dari biang kolesterol, menurut penelitian gizi di Amerika terbaru ini, bahwa lemak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Hati memproduksi 75% kolesterol yang beredar di dalam darah kita dan 25 % lainnya berasal dari makanan.

Pada kadar normal kolesterol sangat dibutuhkan tubuh kita untuk pembuatan dinding sel. Sebenarnya kolesterol dalam jumlah yang sangat tinggi tidak menyebabkan gejala apapun, namun kolesterol bisa berakibat berbahaya jika terlalu banyak menumpuk di dalam arteri darah, yang dikenal dengan gejala arteriosclerosis.

Kenapa hal tersebut berbahaya ?

Menurut dokter David T. Derrer, MD bahwa kolesterol yang tertimbun di arteri menimbulkan penumpukan plak yang dikenal dengan arteriosclerosis yaitu kondisi dimana plak / kerak dari kolesterol tersebut mempersempit ruang gerak aliran darah sehingga memicu penyakit jantung.

Kolesterol tinggi sangat mudah untuk dideteksi, orang yang berusia diatas umur 20 tahun harus memeriksakan kadar kolesterol setidaknya sekali setahun. Cara melakukan test darah bisa dengan cara sederhana yaitu dengan test darah puasa.

Hal tersebut dilakukan dengan cara puasa selama 12 jam menghindari untuk makan dan menggunakan alat cek darah kolesterol sederhana bisa Anda dapatkan di apotik atau toko obat terdekat.

Mengenai alat cek darah

Sobat bisa pilih alat cek darah dengan beberapa merek terserah pilihan Anda, yang jelas harga menentukan kualitas barang. Alat cek darah tersebut seperti: Easy Touch GCU, Accu Check Active Kit, Nesco, dll
Source Pic.: hargaok.info

Mengenai alat tersebut banyak yang didesain pabrik yaitu 3 in 1 sehingga multi fungsi untuk cek kolesterol, gula darah dan asam urat. Bahkan teknologi pabrikan sekarang ada yang pakai cek Hb atau hemoglobin darah.

Mengenai harga alat cek darah

Alat cek darah terbaru bisa Anda review dengan HET (harga eceran tertinggi) tahun 2017.
  1. Easy Touch GCU = Rp. 379.000
  2. Nesco = Rp. 254.000
Hasil dari alat cek darah tersebut menunjukkan bahwa dalam puasa 12 jam, tingkat kolesterol dalam darah bervariasi antara kolesterol jahat, kolesterol baik dan trigilserida. Indikasi bahwa kolesterol jahat menyebabkan plak dalam arteri menumpuk sehingga bila kolesterol tersebut mengendap dalam jumlah yang sangat banyak maka akan memicu terjadinya penyakit jantung.

Perihal kolesterol seperti hantu yang menakutkan.

Bukan rahasia lagi bahwa makanan tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat Anda (LDL), yang menyebabkan penumpukan plak di arteri yang menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. 

Tapi yang mungkin mengejutkan bagi Anda adalah bahwa banyak dari makanan yang rasanya lezat dan proses penyajiannya mudah digabungkan ke dalam makanan sehari-hari untuk dikonsumsi oleh kita, ternyata mengandung banyak kolesterol jahat (lemak jahat). Sehingga Anda tanpa mengorbankan rasa atau kesenangan harus menghindarinya agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomer wahid di dunia atau dikenal silent killer dari biang kolesterol jahat (LDL), maka sobat jangan lupa untuk memeriksakan kolesterol Anda setiap waktu, seminimal setahun sekali untuk mengetahui kadar kolesterol atau lemak dalam tubuh Anda sehingga tidak menghantuimu.

Sumber:
  • Web MD
  • Linkedin
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.