Metode Alami Sampai Kedokteran Dalam Mengatasi Gigi Berkarat

Metode Alami Sampai Kedokteran Dalam Mengatasi Gigi Berkarat

penyembuhan gigi berkarat dan karang gigi



Perawatan Gigi Berkarat

Sobat secangkir terapi, gigi berkarat (karang gigi) banyak dikeluhkan oleh beberapa orang karena kotoran sisa makanan yang menempel dan menyangkut disela - sela gigi kita.

Proses terjadinya karang gigi

Awalnya adalah sisa makanan yang menyangkut dan menempel di gigi, karena proses waktu yang lama dan tidak dibersihkan maka, mengakibatkan sisa makanan tersebut menjadi keras dan berkarat.

Salah satu faktor terjadinya pengerasan karang gigi adalah air liur kita. Air liur atau air ludah dalam bahasa ilmiah dikenal dengan saliva merupakan cairan bening yang dihasilkan di dalam mulut. Air liur mengandung zat yang dapat menjadikan sisa makanan yang menempel dan menyangkut di gigi menjadi keras dan berkarat.

Air liur sebagian besar diproduksi oleh tiga kelenjar utama yaitu kelenjar parotis, kelenjar sub lingual dan kelenjar sub mandibula.



Air liur kita mengandung

  1. Elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium
  2. Mukosa, yang terutama mengandung mukopolisakarida dan glikoprotein
  3. Senyawa antibakteri diantaranya tiosianat
  4. Enzym ptyalin dan amylase.
  5. Senyawa protein. Air ludah mengandung 40 sampai 50 protein. 
  6. Jamur
  7. Bakteri
  8. Virus
  9. Sekresi dari hidung dan paru – paru
  10. Sel – sel dari lapisan mulut




Cara Mengatasi Karang Gigi

Cara mengatasi karang gigi adalah sebagai berikut :

1.Rajin gosok gigi

Menggosok gigi minimal sehari 2x dapat membersihkan gigi Anda dari plak dan sisa makanan yang menyangkut di sela gigi dan di gusi Anda.

Biasakan setelah makan sikat gigi agar gigi Anda putih dan terawat. Cara terbaik menggosok gigi dengan pelan dan tidak menekan ke gigi terlalu kuat karena dapat mengakibatkan peradangan di lapisan kulit gigi.

2. Gunakan pasta gigi anti plaque

Pasta gigi anti plaque direkomendasikan oleh dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi dan memutihkan kembali gigi Anda dari kotoran dan plak yang membandel.


3. Mengurangi konsumsi gula dan tepung

Konsumsi gula dan tepung merupakan faktor terjadinya karang gigi, sebab makanan tersebut mudah menempel di gigi dan jika tidak dibersihkan dalam waktu singkat menyebabkan gigi Anda berkarat.

4. Baking soda

Campur baking satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam, buatlah sebuah adonan yang berbentuk seperti kue.

Basahi sikat gigi dengan sedikit air dan celupkan dalam larutan baking soda, gosok perlahan pada gigi Anda dan pastikan bahwa baking soda di sikat gigi telah habis dalam penggosokan dan ulangi beberapa kali.

5. Kulit jeruk

menggigit dengan kulit jeruk membuat gigi awet dan hilang karang gigi


Gosokkan kulit jeruk ke gigi Anda secara langsung, bisa menggunakan bantuan jempol Anda atau jari telunjuk Anda untuk mendorong gosokkan keluar masuk ke dalam mulut Anda.

Lakukan selama seminggu dan lihatlah perubahannya.

6. Metode scaling gigi

scaling gigi untuk mengetahui gigi berkarat


Cara yang paling direkomendasikan dalam menghilangkan karang gigi yang sudah terlanjur menebal dan susah dihilangkan adalah dengan scaling (pembersihan karang gigi). Metode tersebut hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi jadi sebaiknya serahkan pada ahlinya. 

Dokter gigi Saronto, drg di Rumah Sakitku menyarankan pembersihan gigi dengan metode scaling dapat membersihkan karang gigi yang membandel dan susah untuk dibersihkan dalam waktu yang singkat, namun harus rutin tergantung tingkat keparahan dan ketebalan karang gigi.

Mengenai biaya dan pembersihan metode scaling bisa ditanyakan ke dokter gigi masing - masing. Jangan takut dan minder,  biaya scaling murah kok.

Demikian cara mengatasi karang gigi dari metode alami sampai dengan metode kedokteran gigi. Semoga tips ini membantu Anda dalam mengatasi gigi yang berkarat.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.