Manfaat Wedang Serai Jeruk Nipis Untuk Penderita Insomnia

Manfaat Wedang Serai Jeruk Nipis Untuk Penderita Insomnia

Manfaat Wedang Serai Jeruk Nipis Untuk Penderita Insomnia


Sobat secangkir terapi, manfaat daun serai dan jeruk nipis membuat efek relaksasi dan menyembuhkan insomnia.

Daun serai merupakan bumbu dapur primadona ibu - ibu dalam menambah cita rasa dan aroma masakan sehingga menjadi lezat dan gurih.

Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur.

Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Daun serai menurut penelitian mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. 

Senyawa lain yang terdapat dalam daun serai adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Penggunaan daun serai digunakan oleh pakar herbal untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Sehingga penggunaan daun serai dan jeruk nipis bagus untuk penderita yang mengalami gangguan tidur atau disebut insomnia.

Teh Serai Jeruk Nipis

Cara membuat teh serai jeruk nipis adalah sebagai berikut:
  1. Ambil 1 - 2 batang serai, bersihkan lalu memarkan.
  2. Masukkan kedalam air mendidih 450 ml.
  3. Masukkan juga jeruk nipis setengah iris.
  4. Setelah mendidih baru tuangkan ke dalam gelas
  5. Tambahkan gula secukupnya atau bisa ditambah madu.
  6. Minum selagi hangat.

Catatan Minum

Minum daun serai jeruk nipis sehari sekali sebelum tidur. Amalkan konsumsi tersebut sampai 2 minggu insya Allah menyembuhkan gejala insomnia Anda.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.