Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Hp Kelamaan -->

Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Hp Kelamaan


Sobat secangkir terapi, mata lelah dapat mengakibatkan mata menjadi lemah dan akomodasi mata berkurang. Penyebab mata lelah diakibatkan karena kebutuhan akan gadget meningkat seiring dengan interaksi sosial di layar ponsel Anda bertambah.

Indikasi mata mulai lelah saat menatap layar HP adalah mata menjadi mudah mengantuk, air mata berkurang, kantung mata mulai tebal, kelopak mata menjadi sempit dan mata menjadi berkerucut.

Banyak pengguna HP yang mengeluhkan bahwa berinteraksi di dunia maya lewat ponsel sungguh membuat mata menjadi lelah, sehingga banyak kasus bahwa mata menjadi cepat minus diakibatkan karena kurangnya pengetahuan dengan penggunaan layar HP.

Cara mengatasi mata lelah adalah sebagai berikut:

1. Atur kecerahan sinar dan warna HP Anda.

Sinar yang masuk ke mata Anda menyebabkan mata menjadi fokus. Tingkat kecerahan cahaya HP dengan high kontras 100 % dan brightnes 100% dapat mengakibatkan mata menjadi silau dan cepat lelah.

Atur tingkat kecerahan layar HP Anda menjadi 75 % untuk kontras dan bright 70 % sehingga mata menjadi tidak silau dan cepat lelah.Dan jangan juga dibuat layar menjadi gelap akibatnya mata menjadi cepat lelah karena melihat obyek di HP yang samar- samar.

2. Ubah ukuran font di layar HP Anda.

Ukuran font yang kecil menyebabkan mata menjadi cepat lelah karena akomodasi mata mengerucut melihati tulisan kecil yang berderet dan tipis.

Ukuran yang bagus untuk mata Anda saat melihat layar ponsel Anda adalah buat ukuran font menjadi normal. Atau jika perlu buat fontnya menjadi besar, agar tulisan menjadi tebal dan besar sehingga mudah dibaca.

3. Jaga jarak mata Anda dengan teknik 90

Terkadang ada orang yang memegang layar HP terlalu dekat dengan mata yang mengakibatkan mata terlalu fokus dengan rangsang, akibatnya mata Anda akan cepat lelah.

Jarak yang bagus untuk memegang HP adalah ukur siku tangan Anda membentuk sudut 90 derajat. Dengan jarak 85 derajat siku tangan Anda memgang HP dan kepala Anda menunduk sedikit 5 derajat untuk melihat layar ponsel Anda.

4. Istirahatkan mata Anda dengan teknik 15-5-1

Teknik ini bagus untuk di coba pada mata Anda agar tidak terjadi kelelahan saat menatap layar HP dalam waktu yang lama. Dengan teknik ini diharapkan mata menjadi fresh dan dapat bekerja normal kembali.

Caranya setiap 15 menit, Anda menatap layar HP maka usahakan mata Anda harus distirahatkan. Lihatlah objek minmal 5 meter untuk waktu 1 menit. Baru kemudian lanjutkan menatap layar ponsel Anda.

5. Kedipkan mata Anda dengan teknik  20-3

Mengedipkan mata, membuat mata menjadi fresh dan kelopak mata tidak cepat kering. Faktor kelelahan mata adalah otot mata disuruh tegang dalam waktu yang lama yang mengakibatkan mata mudah lelah.

Teknik mengedipkan mata 20-3-1 yaitu setiap 20 detik mata Anda menatap layar ponsel harus berkedip minimal 3 x untuk memberikan respon air mata di kelopak mata dan pejamkan mata selama sedetik 1x untuk mengendorkan ketegangan otot mata Anda. Namun jika kelopak mata Anda kering usahakan tetesi pakai insto.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.