Kenali Penyebab Flu

Kenali Penyebab Flu

penanganan flu dengan benar dilihat dari penyebab




Penyebab Flu


Sobat secangkir terapi, flu merupakan indikasi tubuh kita mengalami gangguan dalam daya tahan tubuh.

Flu merupakan alarm disaat daya tahan tubuh kita mengalami penurunan. Salah satu faktor menurunnya daya tahan tubuh kita adalah sering bersin.

Namun beberapa studi menjelaskan bahwa faktor flu identik dengan alergi yang menyebabkan kita sering bersin dan keluar ingus.

Banyak kasus alergi disebabkan karena kita kurang dalam mengenali penyebabnya, sehingga flu berulang akan dikeluhkan oleh beberapa orang disebabkan oleh sebab yang sama.

Maka sobat secangkir terapi harus mengenali penyebab flu agar tidak terjadi lagi menyiksa pekerjaan Anda.

Salah satu faktor penyebab flu antara lain :

1. Kelelahan

Manusia dengan aktifitasnya akan mengalami kelelahan dan kecapean. Tentu saja hal tersebut menjadikan diri kita rentan terhadap flu.

Kondisi dimana kita menjadi capek dan letih dalam bekerja dan kurangnya istirahat menyebabkan daya tahan tubuh kita menjadi turun. Akibatnya kita sering tubuh kita meriang dan terkena gejala flu.

2. Faktor Cuaca yang ekstrim

Faktor cuaca mempunyai peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh kita.

Orang yang terkena hujan atau guyuran embun pagi akan mengakibatkan tubuh mudah sekali mengalami flu.

Karena faktor dingin hujan berakibat turunnya panas dalam tubuh dan jika terkena angin malam otomatis tubuh menjadi menggigil dan tidak lama akan mengalami gejala flu.

3. Mandi Malam dan keramas

Seseorang yang sering berkeramas di malam yang dingin dengan air yang dingin berpotensi mengalami gejala flu.

Faktor tersebut indikasi bahwa panas tubuh hilang dengan cepat dan jika dibiasakan keramas pada malam hari tentu gejala flu akan datang tanpa diundang.

4. Minum Es

Minuman dingin pada beberapa orang juga indikasi terjadinya flu. Apalagi bila minuman dingin disaat daya tahan tubuh kita menurun.

Pastikan bahwa minuman dingin jangan diminum disaat tubuh mengalami penurunan daya tahan.

5. Mencium benda

Terkadang kita tanpa sadar sering memegang benda yang belum tentu itu bersih apalagi kita sering menciumnya.

Misal: kita sering memegang duit kertas dan sering dicium.

Hal tersebut indikasi bahwa virus dan bakteri yang terdapat di uang bisa masuk kedalam tubuh melalui perantara hidung karena sering dicium.

6. Tangan kotor

Banyak kasus anak yang menderita bronkopnemonia disebabkan karena tangan yang tidak higienis dan sering memasukkan benda di mulut.

Salah satu faktor tangan yang kotor menurut studi terdapat kurang lebih ribuan bakteri bersemayam pada tangan yang kotor.

7. Debu

Disaat kita berada di jalan ataupun berada di dalam rumah, salah satu faktor penyebab flu adalah debu yang berterbangan.

Debu merupakan benda asing yang jika terkena hidung, maka orang akan mengalami bersin.

Bila intensitas debu di lingkungan tinggi maka potensi terkena flu juga besar.

8. Bulu binatang

Bulu binatang merupakan faktor terjangkitnya flu. Ketika pasien dekat dengan bulu binatang yang bertebaran di lingkungan rasa alergi akan bulu binatang menjadi.

Akibatnya orang yang terkena bulu binatang akan rentan terkena flu. Dalam kasus bebrapa tahun silam bulu unggas dapat menyebabkan terjadinya flu burung.

9. Alergi

Penyebab umum flu adalah alergi, dimana seseorang yang dekat dengan alergen akan mengakibatkan orang tersebut menjadi sering bersin dan akhirnya terjadi flu.

Alergi umumnya dipicu oleh sesuatu benda yang bisa mengakibatkan flu.

Mis: asap kendaraan bermotor, asap rokok, dll.

10. Sperma

Seseorang yang sering mengeluarkan sperma sembarangan akan menjadikan orang disekitar menjadi flu.

Faktor tersebut disebabkan karena aroma kuat zat khas sperma menyebabkan hidung reaktan oleh alergi terhadap bau khas yang ditimbulkan oleh sperma.

Disarankan bila ejakulasi dilarang membuang sperma sembarangan dan segera dibersihkan.

11. Darah Haid

Darah haid sama juga merupakan faktor terjadinya alergi. Apalagi celana dalam, pakaian yang terkena darah haid harus dijauhkan dari kamar tidur.

Penyebab terjadinya flu menurut studi bahwa kebanyakan para wanita menyimpan bekas pakaian atau celana dalam di ruangan kamar.

12. Asap

Asap bagi sebagian orang menyebabkan batuk dan alergi. Sehingga banyak gejala flu di awali oleh asap yang mengganggu pernapasan Anda.

13. Bawang merah

Bawang merah saat di iris akan menyebabkan mata menjadi pedas dan hidung bersin.

Disinyalir bahwa zat yang terkandung dalam bawang merah sangat kuat untuk memaksa kita untuk bersin. Dan akhirnya terjadi flu.

Namun bebrapa studi bawang merah tidak berpengaruh bagi beberapa orang.

14. Lada dan merica

Lada merupakan bumbu dan bahan dapur, namun beberapa orang tidak tahan dengan bau yang menusuk akibatnya bisa berakibat flu.

15. Bau pesing

Bau pesing di kamar mandi berakibat hidung reaktan dengan aroma pesing yang ditimbulkan. Bebrapa orang menurut studi bahwa bau kencing pemicu terjadinya flu.

16. Kamar yang lembab

Kamar yang lembab dapat menyebabkan kita mengalami bersin dan akhirnya flu dikarenakan ruangan yang lembab banyak ditumbuhi oleh jamur dan mikroba lainnya.

Disamping itu ruangan lembab menjadikan tubuh menjadi dingin karena efek dari ruangan tersebut.

17. Spora jamur

Spora jamur penyebab kita menjadi flu, banyak kasus flu disebabkan karena spora dari jamur yang berterbangan dilingkungan dan menyebabkan kita mudah terkena flu.


18. Aroma kimia parfum

Bagi sebagian orang bau aroma terkadang tidak cocok dengan hidung mereka dikarenakan bau parfum yang menyengat menyebabkan hidung reaktan terhadap aroma. 


19. Kipas angin dan AC

Banyak kasus di keluhkan oleh beberapa orang yang kesehariannya menggunakan kipas dan AC. Penggunaan kipas dan AC langsung mengenai muka dan hidung kita maka akan mengakibatkan terkena flu.

Penggunaan AC dan kipas yang benar harus dipantulkan ke tembok atau benda lain supaya tidak mengenai wajah dan hidung kita.

20. Sinusitis

Sinusitis adalah gejala bersin dan hidung sering mampet. Terkadang hidung sebelah mampet selama berbulan-bulan dan terkadang tahunan.

Gejala tersebut disebabkan karena hidung telah mengalami peradangan dan terjadinya pembusukan di hidung. 

Faktor mikroba penyebab sinusitis yang berakibat terjadinya peradangan di hidung. Akibatnya Anda akan sering mengalami flu dan mampet.

Konsultasikan dengan dokter THT untuk perawatan dan pengobatan Sinusitis.


DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.