Latihan Nyeri Pinggang Bawah Dengan Metode Wiliam Flexi

melatih pinggang dengan william fleksi



Nyeri Pinggang Bawah

Sobat secangkir terapi yang budiman,  nyeri pinggang bawah atau dikenal dengan low back pain adalah nyeri yang dikeluhkan di pinggang bawah dengan rasa reffered pain, radikuler atau fisiologis.

Penyebab utamanya adalah karena kelemahan otot pinggang dan punggung karena faktor mekanik tubuh, gerakan yang salah, angkat beban berat, duduk terlalu lama, menahan benda, dll

Untuk mengatasinya, kami berbagi tips untuk meredakan rasa sakit dan nyeri yang Anda derita.

Jika masa masih akut (1-2 hari) sobat perlu menggunakan kompres es di area yang sakit, tempatkan di daerah yang sakit dan tunggu kurang lebih 10 menit insya Allah nyeri Anda akan berkurang.

Penggunaan Modalitas Terapi

Penggunaan modalitas panas seperti IR dan Hot pack bisa juga digunakan untuk masa akut jika nyeri tersebut bersifat radikuler (sering merasa sakit dan terlokalisasi setempat). Jika masih merasa sakit dianjurkan minum obat pereda nyeri seperti: Meloxicam, Asam penamat, Myonep, dll.

Penggunaan pijat / massage hanya mengurangi sakit yang diderita tapi tidak mengobati nyeri yang dirasakan jika level nyeri nya high / tinggi, maka kami berbagi tips untuk latihan pereda nyeri pinggang bawah / LBP.





Latihan LBP dengan metode William Fleksi


1. Latihan Pelvic Tilting / Pinggul Menukik.

Posisikan tubuh Anda berbaring telentang di lantai dengan kedua lutut dilipat, tarik napas kuat dan tahan napas simpan di perut Anda, gunakan pinggul Anda dengan menempelkan punggung bawah di lantai / menukik, pertahankan 8 x hitungan dan rileksasi lepas napas serta lepas tahanan punggung Anda.

Latihan Pelvic Tilting pada latihan pinggan bawah




2. Latihan Lutut ke Dada.

Tarik lutut kedada disertai tarik napas kuat simpan di perut dan tahan napas, hitung 8 x hitungan taha n posisi dan rileksasi lepas napas serta lepas tahanan di dada, turunkan perlahan - lahan kaki Anda. 

Tungkai sebelahnya diperlakukan sama / bergiliran. 

Efektifnya dilatih 4x kanan dan kiri.


Latihan Lutut ke Dada pada latihan pinggang




3. Latihan Kedua Tungkai Ke dada.

Tarik kedua lutut ke dada disertai napas kuat simpan diperut dan tahan napas, hitung 8 x hitungan tahan posisi dan rileksasi lepas napas serta lepas tahanan didada, turunkan perlahan - lahan tungkai Anda. 

Penggunan angkat leher / kepala saat posisi tersebut juga diperbolehkan.

Latihan Kedua Tungkai Ke dada untuk latihan pinggang




4. Latihan Angkat Kepala dan Bahu


Posisikan kedua tungkai melipat dan kedua tangan menyangga kepala belakang angkat kepala perlahan, tarik napas kuat simpan diperut dan tahan napas, hitung 8x hitungan tahan posisi dan rileksasi lepas napas serta tahanan Anda. 

Ulangi min 4x.

Latihan Angkat Kepala dan Bahu untuk melatih pinggang




5. Latihan Otot Paha / Hamstring

Tarik satu paha Anda tegak ke atas dan sekuat tenaga tarik mengarah ke badan.

Anda serta  paha sebelah harus posisi lurus, disertai tarik napas kuat simpan di perut tahan, hitung 8x hitungan tahan posisi dan rileksasi lepas napas serta tahanan Anda. 


 Latihan Otot Paha dan Hamstring




6. Latihan Menukik Pinggul

Posisikan badan rileks dengan satu kaki di belakang dan satu kaki sebelahnya melipat ke depan, tarik tangan bisa menempel di lutut atau di lantai.

Tarik nafas kuat simpan diperut dorong badan maju kedepan sekuat tenaga Anda, hitung 8x hitungan tahan posisi dan releksasi lepas napas serta tahanan. Ulangi kaki sebelahnya.


Cara melatih punggung bawah dengan Latihan Menukik Pinggul


Latihan Wiliam Flexi efektifnya dilatih sebelum bangun pagi dan sore hari setelah Anda istirahat. 

Demikian Tips yang kami berikan disertai metode latihan William Flexi untuk LBP, semoga membantu Anda dalam mengatasi masalah nyeri yang Anda derita.


Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel