Kardiopulmonal Dalam Fisioterapi -->

Kardiopulmonal Dalam Fisioterapi

pemeriksaan jantung dan paru penyebab sesak



Kasus Jantung Dan Paru

Sobat Secangkir terapi, kasus Kardiopulmonal merupakan kasus yang diakibatkan oleh gangguan Jantung dan Paru - paru.

Biasanya terjadi sesak di daerah rongga dada yang mengakibatkan nyeri yang serius.

Organ Jantung

Jantung merupakan organ vital manusia, dia berdetak mulai didalam kandungan ibu sampai akhir hayat.

Letaknya diapit oleh Paru - paru dan agak condong kekiri bawah serta di proteksi oleh tulang rusuk.

Fungsi utama Jantung adalah memompa dan mentransformasi  darah ke seluruh  tubuh dan organ Paru - paru, 

Jantung terbuat dari otot tidak sadar dan bekerja independen yang mengakibatkan Jantung berdetak sendiri tanpa diperintah oleh organ lainnya di tubuh. Tanpa disadari bahwa ketika  tidurpun Jantung Anda masih berdetak.

Berat Jantung 250 - 350 gram dan hampir seukuran kepalan tangan. Jantung bertanggung jawab dalam mentransformasi darah yang kaya oksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah.

Perikardium adalah kantong berdinding ganda yang membungkus Jantung, dia bukan melindungi Jantung tetapi sebagai jangkar struktur di sekitarnya dan mencegah Jantung dari pengisian yang berlebihan dengan darah.

Organ Paru-Paru

Paru - paru merupakan organ yang membantu dalam pernapasan dan organ terpenting dalam sistem pernapasan. Letaknya di bagian bawah leher manusia termasuk ekstremitas atas, yang mengembang di kanan dan kiri mengisi ruang dada dan dilindungi oleh tulang rusuk.

Pernapasan kita mempunyai 2 Organ penting yaitu Paru - paru kanan dan kiri. Setiap paru-paru dibagi menjadi segmen anatomis dan fungsional yang disebut lobus melalui pembagian yang disebut celah interlobar. 

Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus: lobus superior, lobus tengah, dan lobus inferior. Fisura horizontal adalah pembagian anatomi yang memisahkan lobus superior dan menengah, sedangkan celah oblikus memisahkan lobus tengah dan inferior.

Paru-paru kiri sedikit lebih kecil dari kanan, dan dibagi menjadi dua lobus oleh fisura oblikus. Kedua lobus mirip dengan lobus superior dan inferior dari paru-paru kanan. Lobus tengah tidak hadir dalam paru-paru kiri.

Sedemikian partisi antara lobus memberikan perlindungan dari kerusakan mekanis dan juga mencegah penyebaran infeksi.

Akibatnya, jika salah satu lobus atau sebagian darinya rusak, terinfeksi, atau fungsinya terganggu karena beberapa kelainan lokal, lobus lainnya dapat terus berfungsi secara normal.

Mereka bekerja sangat erat dengan Jantung, memberikan udara yang beroksigen murni untuk darah yang diedarkan Jantung ke berbagai organ di dalam tubuh.

Paru - paru juga membuang karbon dioksida dan kotoran lainnya, lokasi yang dekat dengan jantung membuat Paru - paru sebagai tempat nyaman sebagai peredam dari kejutan keras detakan Jantung. Fungsi lain paru -paru adalah menjaga pH darah.

Kasus Jantung dan Paru Dapat Ditangani Fisioterapi

Kasus Kardiopulmonal Yang Diklasifikasikan Menurut Fisioterapi Adalah:
  1. Gangguan Metabolisme tubuh
  2. Emfisema
  3. CAD (Coronary Artery Disease) = Penyakit Jantung Koroner
  4. CHF ( Congestive Heart Disease) = Penyakit Jantung Bawaan
  5. RHD (Rematoid Heart Disease) = Penyakit Jantung Rematik
  6. Bronkopnemonia
  7. Batuk
  8. Asma
  9. Sesak
  10. Dll
Demikian informasi yang saya berikan tentang Kardiopulmonal dalam dunia Fisioterapi.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Donasi akan kami gunakan untuk pengembangan dan hidup yang lebih baik. Terima kasih.