Fisioterapi Geriatri

menjaga kesehatan orang lansia



Geriatri

Sobat secangkir terapi yang budiman, berbicara mengenai geriatri kita dihadapkan dengan lansia (manusia lanjut usia), umur rata - rata diatas 60 tahun keatas.

Beliau merupakan generasi tua yang harus diberdayakan, baik dalam kesehatan maupun kesejahteraan.
Lansia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan biologis, fisik, kejiwaan dan sosial (UU Kesehatan No. 23 Thn 1992, pasal : 19). 

Kesejahteraan bagi orang-orang usia lanjut dapat dicapai bila para usia lanjut bisa menjalani hidupnya tanpa harus bekerja, tapi di lain pihak dia mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidup sendiri. 

Kebutuhan ini bukan saja yang bersifat fisik, seperti pangan, kesehatan, dan lain-lain.


Peran Fisioterapi Pada Geriatri

Peran fisioterapi sebagai salah satu bidang kesehatan, yang bertanggung jawab terhadap kapasitas fisik dan kemampuan fungsional para lansia.

Permasalahan kesehatan yang dialami para lansia cenderung merupakan masalah penyakit degeneratif / penyakit penuaan yang merupakan orientasi pokok yang utama. Selain itu aspek sosial dari lansia itu juga tidak boleh diabaikan.

Tentang angka harapan hidup lansia, di negara maju angka harapan hidup lansia cenderung tinggi disebabkan karena bagusnya sistem pemberdayaan terhadap lansia.

Untuk negara berkembang, belum tersentuh sepenuhnya pemberdayaan lansia, sehingga angka harapan hidup di negara berkembang relatif rendah.

Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan lansia misalnya mengikutkan beliau lebih banyak kepada kegiatan sosial dan agama, rekreasi, berkumpul dengan anak dan cucu dalam keadaan yang menyenangkan, rekreasi, mengembangkan hobi dan bakat terpendam, tidak boleh bekerja terlalu berat, membuat hatinya riang gembira setiap hari dan tidak boleh membuat dia kecewa serta sedih.

Tugas fisioterapi dalam kesehatan lansia sangatlah penting dalam menjaga ROM, menjaga kekuatan muskuloskeletal, meningkatkan AFTR, membantu pola jalan, memberikan ortesa dan protesa yang cocok bagi nya, memberikan support mental, menjaga ADL, dll.


Kasus Geriatri

Kasus Geriatri Yang Diklasifikasikan Menurut Fisioterapi Adalah :
  • Osteoartritis
  • Artritis Rematoid
  • Musculoskeletal
  • Postur
  • Pnemonia
  • Emfisema
  • Inkontensia
  • Neuropati
  • Stroke
  • Dll


Demikian Informasi yang saya berikan dalam kasus Fisioterapi Geriatri. Jika ada kurang lebih saya mohon maaf.

Related Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel